Berita Investor
No Result
View All Result
  • Home
  • Ekonomi
  • Emiten
  • Regulator
Berita Investor
  • Home
  • Ekonomi
  • Emiten
  • Regulator
No Result
View All Result
Berita Investor
No Result
View All Result

Penjualan CLEO Meningkat 14% di Kuartal Pertama 2023 dan Ekspansi Besar-Besaran

by Tim Redaksi
6, July, 2023
in Emiten
0
Penjualan CLEO  Meningkat 14% di Kuartal Pertama 2023 dan Ekspansi Besar-Besaran
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

BeritaInvestor.id – PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) terus bergerak maju dalam pengembangan bisnisnya dengan membangun dua pabrik baru di Lampung dan Manado. Kedua pabrik baru ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi sekitar 5% dari kapasitas total saat ini, yang mencapai sekitar 5,5 miliar liter per tahun.

Selain pembangunan pabrik baru, CLEO juga meningkatkan kapasitas produksi melalui investasi dalam mesin otomatis dan memperluas 5 pabrik yang sudah ada di Banjarmasin, Citeureup, Bojonegoro, Makassar, dan Kendari.

Untuk memperkuat layanan kepada pelanggan dan memperluas cakupan pasar, CLEO secara agresif memperluas titik penjualan dan mengembangkan jaringan distribusi di seluruh Indonesia, terutama di wilayah Sumatera dan Indonesia bagian Timur. Selain itu, jumlah depo air minum juga akan ditingkatkan dari 290 depo menjadi sekitar 350 depo.

“Dalam upaya untuk menambah omzet dan mencapai target pertumbuhan penjualan dua digit tahun ini, CLEO terus melakukan ekspansi dengan memperhatikan manajemen risiko,” ujar Direktur Utama CLEO, Melisa Patricia.

Baca:

Direktur Operasi WEGE Dwi Purnomo Mundur: RUPS Akan Finalisasi

SMMA Laba Bersih Melejit 284% Meski Pendapatan Turun di Kuartal I 2025

CLEO juga tetap membuka peluang untuk mengembangkan bisnis secara anorganik melalui akuisisi perusahaan produsen air minum dalam kemasan (AMDK) atau perusahaan yang terkait dengan rantai pasokan di industri ini.

Dalam mendukung kegiatan ekspansi ini, CLEO berhasil memperoleh fasilitas kredit sebesar Rp 300 miliar dari Bank BNI. Dari total tersebut, Rp 100 miliar akan digunakan untuk memperkuat modal kerja, sementara sisanya, sebesar Rp 200 miliar, akan digunakan untuk membiayai kegiatan ekspansi.

[tv-chart symbol=”IDX:CLEO” width=”420″ height=”240″ language=”en” interval=”D” timezone=”Asia/Bangkok” theme=”White” style=”1″ toolbar_bg=”#f1f3f6″ enable_publishing=”” hide_top_toolbar=”” withdateranges=”” hide_side_toolbar=”” allow_symbol_change=”” save_image=”” details=”” hotlist=”” calendar=”” stocktwits=”” headlines=”” hideideas=”” hideideasbutton=”” referral_id=””]

Pada kuartal pertama tahun 2023, CLEO mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 14% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, mencapaiRp 350,5 miliar. Laba perseroan juga mengalami peningkatan sebesar 32% year on year (yoy), mencapai Rp 60,6 miliar dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Manajemen Sariguna Primatirta menyebutkan bahwa pertumbuhan ini sesuai dengan target yang ditetapkan. Momentum menjelang Lebaran 2023 diharapkan dapat mendongkrak penjualan perseroan hingga mencapai pertumbuhan dua digit. Selama beberapa tahun terakhir, CLEO telah berhasil mencatatkan pertumbuhan yang signifikan selama bulan Ramadan dan Idulfitri.

“Kami melihat bahwa kondisi pasar semakin membaik, dan harga bahan baku terlihat mulai stabil pada kuartal pertama 2023. Dengan dukungan sistem produksi terintegrasi dan peningkatan kinerja operasional perusahaan, kami mencapai hasil luar biasa pada kuartal pertama ini,” ujar Melisa.

Selama bulan puasa hingga Lebaran, permintaan akan produk CLEO dalam kemasan kecil untuk botol dan cup cenderung meningkat. Produk ini diminati oleh masyarakat karena mudah dibawa ke mana pun, dan cocok untuk disajikan saat berkumpul bersama keluarga atau kerabat.

CLEO telah melakukan persiapan produksi menjelang Idulfitri untuk mengantisipasi peningkatan permintaan tersebut. Selain itu, persiapan dan pengecekan yang lebih detail terhadap jaringan distribusi dan transportasi juga telah dilakukan untuk menghadapi kemungkinan kepadatan arus mudik.

Dengan terus mengembangkan bisnisnya melalui pembangunan pabrik baru, perluasan kapasitas produksi, peningkatan jaringan distribusi, dan pembiayaan yang didukung oleh fasilitas kredit, CLEO menunjukkan komitmen dan keseriusannya dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan di industri air minum dalam kemasan.

Disclamer : keputusan pembelian /penjualan Saham sepenuhnya ada di tangan investor

Tags: 2023BEICLEOGlobalIDXOJKsaham
Previous Post

Apakah Benar Lo Kheng Hong Dikabarkan Akan Investasi di Saham BGTG?

Next Post

MANTAP! IPO Saham AMMN Oversubscribed 13,6 Kali

Next Post
MANTAP! IPO Saham AMMN Oversubscribed 13,6 Kali

MANTAP! IPO Saham AMMN Oversubscribed 13,6 Kali

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Home
  • Tentang Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer

Hak Cipta © 2023 - Berita Investor

No Result
View All Result
  • Home
  • Ekonomi
  • Emiten
  • Regulator

Hak Cipta © 2023 - Berita Investor