Berita Investor
No Result
View All Result
  • Home
  • Ekonomi
  • Emiten
  • Regulator
Berita Investor
  • Home
  • Ekonomi
  • Emiten
  • Regulator
No Result
View All Result
Berita Investor
No Result
View All Result

Sekilas Profil 10 Emiten Segera IPO: Dari Produsen Sepeda hingga Distributor Alat Tulis

by Tim Redaksi
6, February, 2024
in Emiten
0
Emiten Terafiliasi Parpol, Dana IPO untuk Exit Strategy?
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

BeritaInvestor.id – Bulan Februari 2024 diramaikan dengan kedatangan 10 emiten baru yang siap meramaikan Bursa Efek Indonesia (BEI). Para calon investor pun mulai mencermati valuasi dan prospek dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Berikut adalah ringkasan profil, valuasi, dan penggunaan dana IPO dari 10 emiten baru tersebut:

1. PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD)

  • Produsen dan penjual sepeda dengan merek United, Genio, Avand, Patrol, Dominate, 3T, dan Rubick.
  • Kapasitas produksi: 1 juta unit sepeda, 250 ribu unit sepeda listrik, dan 150 unit sepeda motor listrik per tahun.
  • Penggunaan dana IPO: 100% untuk modal kerja, pembelian bahan baku sepeda motor listrik dan e-moped.

2. PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK)

Baca:

Direktur Operasi WEGE Dwi Purnomo Mundur: RUPS Akan Finalisasi

SMMA Laba Bersih Melejit 284% Meski Pendapatan Turun di Kuartal I 2025

  • Pengembang platform Topindoku yang menawarkan produk virtual seperti pulsa, paket data, token, voucher game, tiket perjalanan, pembayaran tagihan, dan lain-lain.
  • Target pelanggan: UMKM.
  • Penggunaan dana IPO: 40% modal kerja, 10% penyertaan modal pada entitas anak PT Topindo Niaga Nusantara, dan 50% penyertaan modal pada entitas anak PT Topindo Ikon Properti.

3. PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk (MPIX)

  • Penyedia platform digital untuk UMKM melalui MPStore SuperApp UMKM.
  • Produk dan layanan: agregator produk digital dan payment channel, QRIS merchant, kasir online, street banking/MINI ATM, e-commerce dan e-grocery (kulakan), agen logistik, serta akses permodalan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bekerja sama dengan Bank Nobu.
  • Penggunaan dana IPO: 89% modal kerja, 11% belanja modal.

4. PT Ancara Logistics Indonesia Tbk (ALII)

  • Perusahaan jasa pengangkutan batu bara afiliasi Bakrie.
  • Armada: 36 unit tongkang sungai, 40 unit kapal tunda, 2 unit assist tugs, dan 1 unit FTU berkapasitas 20.000 MT PWWD.
  • Penggunaan dana IPO: 75% pinjaman kepada entitas anak PT Mahakam Coal Terminal, 20,64% pembelian kapal tongkang, dan 4,36% modal kerja.

5. PT Harta Djaya Karya Tbk (MEJA)

  • Konsultan desain, pelaksana konstruksi interior, dan pabrikasi furnitur.
  • Klien: Bank Mandiri (BMRI), PT XL Planet, PT Putra Oetama Teknologi, PT Birotika Semesta, dan Holland Village Group.
  • Penggunaan dana IPO: 24% pembelian aset tetap, 4% sewa bangunan, dan 72% modal kerja.

6. PT Multikarya Asia Pasifik Raya Tbk (MKAP)

  • Penyedia produk alat berat langganan Pertamina.
  • Bisnis: penjualan dan pengadaan, service dan rental.
  • Prinsipal merek: Mudking, Petrodrill, PumpWorks, Double Life, WEG, Gardner Denver, dan Leistritz.
  • Penggunaan dana: 100% modal kerja.

7. PT Ecocare Indo Pasifik Tbk (HYGN) 

  • Penyedia jasa kebersihan langganan Bank Central Asia (BBCA).
  • Layanan: pengelolaan kesehatan dan kebersihan dalam ruangan dan ruang toilet pada suatu gedung.
  • Anak usaha: PT Tukang Bersih Indonesia (aplikasi Tukang Bersih) dan PT Indocitra Pacific (jasa pembasmi hama dengan brand Pestcare).
  • Penggunaan dana IPO: 49,2% modal kerja, 18,5% belanja modal, 13,5% pembelian gudang di Bogor, 10,8% penyetoran modal kepada PT Tukang Bersih Indonesia, dan 8% penyetoran modal kepada PT Indocitra Pacific.

8. PT Bersama Mencapai Puncak Tbk (BAIK)

  • Pengelola dan pemilik restoran merek Ayam Goreng Nelongso dan Geprek Kak Rose.
  • Cabang dan kemitraan: 64 gerai di Pulau Jawa dan Bali.
  • Penggunaan dana IPO: 63,8% biaya operasional, 22,5% renovasi 23 gerai, 10,2% perpanjangan sewa, dan 3,5% pembelian mesin.

9. PT Homeco Victoria Makmur Tbk (LIVE)

  • Trader B2B berbagai macam perlengkapan masak, makan, dapur, hingga alat tulis dari beragam merek.
  • Memproduksi produk rumah tangga berbahan plastik dengan merek Technoplast melalui entitas anak PT Trisinar Indopratama.
  • Penggunaan dana IPO: 58% modal kerja, 21% pelunasan sebagian utang perseroan, dan 21% pelunasan sebagian utang perseroan kepada entitas anak PT Trisinar Indopratama.

10. PT Visi Satu Putra Tbk (VISI)

  • Pemasok bagi distributor untuk digital printing.
  • Mengimpor barang dari China dan disalurkan ke 11 gudang milik perseroan di Bekasi dan Surabaya.
  • Barang yang dijual: papan PVC, tinta, banner, dan display.
  • Penggunaan dana IPO: 96,5% modal kerja dan 3,5% pembelian armada pengangkutan.

 


Disclamer : keputusan pembelian / penjualan Saham sepenuhnya ada di tangan investor

Tags: BEIekonomiIHSGinitial public offeringPerusahaan IPOProfil Emiten
Previous Post

CUAN Siap Akuisisi 34% Saham PTRO Senilai Rp 940 Miliar

Next Post

PTPP Raih Kontrak Baru Rp 3,5 Triliun di Awal 2024

Next Post
PTPP Raih Pertumbuhan Laba 11,08% di Semester I 2023

PTPP Raih Kontrak Baru Rp 3,5 Triliun di Awal 2024

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Home
  • Tentang Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer

Hak Cipta © 2023 - Berita Investor

No Result
View All Result
  • Home
  • Ekonomi
  • Emiten
  • Regulator

Hak Cipta © 2023 - Berita Investor