BeritaInvestor.id – PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) melaporkan kinerja gemilang untuk kuartal kedua (Q2) dan semester pertama (H1) tahun 2023. Pada Q2, MAPI mencatatkan peningkatan pendapatan bersih sebesar 23% menjadi Rp8,1 triliun dari Rp6,6 triliun, dengan GPM meningkat dari 45,6% menjadi 46,4%.
Tak hanya pendapatan, laba usaha MAPI juga melonjak 27,9% menjadi Rp1,1 triliun dari Rp836 miliar. EBITDA (Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization) juga tumbuh 21,6% menjadi Rp1,7 triliun dari Rp1,4 triliun, dan laba bersih meningkat menjadi Rp766 miliar dari Rp622 miliar.
Sementara itu, pendapatan bersih secara konsolidasi untuk semester pertama tumbuh 27,3% menjadi Rp15,6 triliun dari Rp12,2 triliun, dengan GPM sebesar 45,4%. Laba usaha juga naik 30,9% menjadi Rp1,7 triliun dari Rp1,3 triliun, dan EBITDA mencapai Rp2,9 triliun dari Rp2,4 triliun pada periode yang sama di tahun sebelumnya.
Menurut Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communication, dan Sustainability of MAP Group, kinerja MAPI selama semester pertama dan kuartal kedua menunjukkan efektivitas model bisnis multi-brand. Momentum ini terlihat pada periode Lebaran pertama tanpa pembatasan kegiatan masyarakat, yang meningkatkan penjualan di seluruh grup MAPI. Setelah periode Lebaran yang sukses, penjualan terus meningkat di bulan Juni, terutama selama masa liburan sekolah.
[tv-chart symbol=”IDX:MAPI” width=”420″ height=”240″ language=”en” interval=”D” timezone=”Asia/Bangkok” theme=”White” style=”1″ toolbar_bg=”#f1f3f6″ enable_publishing=”” hide_top_toolbar=”” withdateranges=”” hide_side_toolbar=”” allow_symbol_change=”” save_image=”” details=”” hotlist=”” calendar=”” stocktwits=”” headlines=”” hideideas=”” hideideasbutton=”” referral_id=””]
Pada bulan Juni, MAPI menjalin kemitraan dengan Frasers Group melalui Sports Direct Malaysia untuk memperkenalkan dan mengoperasikan Sports Direct di Indonesia. Kolaborasi ini diharapkan membuka peluang pertumbuhan baru dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
Ratih menambahkan bahwa fokus utama perusahaan adalah mengoptimalkan sinergi dan menciptakan nilai lebih tinggi dari seluruh bagian MAPI. Untuk mempertahankan dan meningkatkan momentum positif di semester kedua tahun ini, MAPI akan memanfaatkan kekuatan portofolio brand, mempercepat pertumbuhan, serta mendorong inovasi melalui platform digital dan analisis data.
Keanggotaan MAPCLUB juga menjadi pendorong kesuksesan bagi MAPI. Keterlibatan langsung dengan pelanggan dan program loyalitas yang terus berkembang telah memberikan kontribusi signifikan pada penjualan Grup secara keseluruhan.
Dalam kondisi industri ritel yang terus berkembang, MAPI yakin akan ketahanan dan kemampuannya untuk mendorong pertumbuhan melalui portofolio brand yang beragam, program CRM yang mumpuni, serta tim yang dinamis. Dengan berakhirnya pembatasan Covid-19, terdapat peningkatan kunjungan pelanggan di gerai, yang akan didukung oleh model ritel multi-channel dan MAPCLUB sebagai penghubung dengan para pelanggan.
Disclamer : keputusan pembelian /penjualan Saham sepenuhnya ada di tangan investor