BeritaInvestor.id – Trisula Grup, yang dikendalikan oleh PT Trisula International Tbk (TRIS), sebuah perusahaan emiten di bidang tekstil dan garmen, berhasil mencatatkan kinerja konsisten selama semester pertama tahun 2023 berkat sinergi yang terbangun antara TRIS dan anak-anak usahanya. TRIS, melalui anak usahanya yang bergerak di segmen tekstil, PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), berhasil mengekspor garmen berkualitas dengan kain hasil produksi BELL. Selain itu, BELL juga sukses menjual seragam dan pakaian melalui merek JOBB yang mereka miliki, memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan laba TRIS pada paruh pertama tahun 2023. Laporan Keuangan Semester 1 2023 yang diterbitkan pada tanggal 31 Juli 2023 mencatatkan penjualan sebesar Rp 680,8 miliar, meningkat 2,9% dibandingkan tahun sebelumnya. Laba bersih TRIS mencapai Rp 43,5 miliar, meningkat sebesar 43,8% YoY. Kontribusi terbesar penjualan berasal dari Segmen Manufaktur, mencapai 64%.
“Dalam grup kami, hubungan sinergis dimaksudkan untuk saling melengkapi dan memperkuat satu sama lain, seperti yang terlihat pada semester ini,” jelas Direktur Utama TRIS, Widjaya Djohan, dalam keterangan pers pada Jumat (04/8).
“Kami berharap sinergi ini akan terus meningkat secara konsisten di masa-masa mendatang,” tambahnya. Meskipun mengalami penurunan ekspor sebesar 7,3% YoY menjadi Rp 417,2 miliar, segmen ekspor tetap menjadi kontributor terbesar dengan 61%. Di sisi lain, penjualan domestik meningkat sebesar 24,6% YoY. TRIS telah lama dikenal menghasilkan produk berkualitas internasional yang terpercaya. Salah satu upaya perusahaan untuk mempertahankan kualitas adalah melalui implementasi teknologi Industri 4.0 seperti otomatisasi dan digitalisasi dalam proses produksi mereka. Selain itu, TRIS juga berhasil berkembang di Segmen Retail, mencatatkan penjualan sebesar Rp 84,4 miliar, meningkat sebesar 35,6% YoY untuk Semester 1 2023. Dengan pencapaian ini, kontribusi Segmen Retail meningkat menjadi lebih dari 10% dari kontribusi pada 1H22 yang hanya mencapai 8%. Peningkatan ini salah satunya berkat pemanfaatan saluran offline dan online yang cerdas, terutama untuk memenuhi permintaan yang meningkat selama periode Idul Fitri di Indonesia.
Untuk mengantisipasi tuntutan masa depan dan pertumbuhan populasi konsumen yang lebih sadar lingkungan, Trisula Group melakukan diversifikasi model garmen dan mengadopsi bahan baku yang lebih ramah lingkungan. PT Trimas Sarana Garment Industry, anak perusahaan TRIS, kini memproduksi garmen dengan desain dan potongan yang unik sesuai dengan tren saat ini dan yang akan datang. Lini pakaian mereka di masa depan akan menampilkan lebih banyak variasi produk garmen yang dibuat menggunakan bahan mentah yang ramah lingkungan dan aman bagi konsumen.
Disclamer : keputusan pembelian /penjualan Saham sepenuhnya ada di tangan investor