BeritaInvestor.id – PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO), emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dari Tanobel Group, menunjukkan kinerja gemilang di tahun 2023 dengan peningkatan laba bersih konsolidasi sebesar 66% menjadi Rp324,09 miliar dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp195,46 miliar.
Peningkatan laba ini sejalan dengan pertumbuhan penjualan konsolidasi CLEO sebesar 25% menjadi Rp2,09 triliun dari Rp1,67 triliun di tahun 2022. Pencapaian ini menunjukkan bahwa CLEO secara konsisten mencatat pertumbuhan penjualan yang lebih tinggi dari rata-rata industri AMDK yang hanya tumbuh 8%.
CEO CLEO, Melisa Patricia, mengungkapkan bahwa keberhasilan CLEO dalam mencapai pertumbuhan dobel digit selama beberapa tahun terakhir ini didukung oleh integrasi ekosistem bisnis yang membuat perseroan lebih efektif dan efisien.
Saat ini, Tanobel Group memiliki 31 pabrik air minum merek CLEO, menjadikannya produsen AMDK dengan pabrik terbanyak di Indonesia. CLEO memanfaatkan banyak distributor internal dan ratusan ribu mitra distribusi untuk memasarkan produknya di pasar tradisional, pusat perdagangan modern, dan Horeca (Hotel, Restoran, dan Café).
Tahun ini, CLEO telah menyiapkan dana investasi sebesar Rp 450 miliar untuk penambahan pabrik baru di Palu, Pontianak, dan Pekanbaru, pengembangan pabrik eksisting, penambahan mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi dan otomasi, serta perluasan jaringan distribusi.
Sebagai pelopor inovasi di bisnis AMDK di Indonesia, CLEO telah meluncurkan beberapa produk baru, seperti Galon Nusantara dan sparkling water Platine.
Galon Nusantara dengan kapasitas 12,8 liter didesain untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik di dalam maupun di luar ruangan, dan mudah dibawa. Sparkling water Platine merupakan produk premium yang diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar hotel dan bisnis F&B.
Beberapa poin penting dari kinerja CLEO di tahun 2023:
- Laba bersih konsolidasi naik 66% menjadi Rp324,09 miliar.
- Penjualan konsolidasi naik 25% menjadi Rp2,09 triliun.
- Memiliki 31 pabrik air minum merek CLEO, terbanyak di Indonesia.
- Meluncurkan produk baru: Galon Nusantara dan sparkling water Platine.
- Menyiapkan dana investasi Rp 450 miliar untuk ekspansi dan pengembangan bisnis.
Disclamer : keputusan pembelian / penjualan Saham sepenuhnya ada di tangan investor