BeritaInvestor.id – Intrusi pabrikan mobil listrik asal China, Build Your Dreams (BYD), ke pasar Indonesia memicu pergeseran dalam pangsa pasar otomotif, yang selama ini dikuasai oleh PT Astra International Tbk (ASII). Keberadaan BYD di Indonesia diyakini akan menjadi tantangan serius bagi dominasi ASII.
BYD secara resmi memasuki pasar otomotif Tanah Air, memunculkan isu mengenai kemungkinan pergeseran market share ASII. Head of Corporate Investor Relation Astra International, Tira Ardianti, menyambut masuknya BYD dan menyatakan bahwa kehadiran merek baru akan memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen.
“Ini peluang bagi kami untuk menawarkan produk-produk yang menarik dan dapat memenuhi permintaan pelanggan yang beragam. Saat ini kami telah dan akan terus menawarkan beragam produk kendaraan baik non EV (Electric Vehicle) maupun EV termasuk HEV dan BEV,” ujarnya.
Pada tahun 2023, pangsa pasar Astra di segmen Battery Electric Vehicle (BEV) dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) mengalami peningkatan di Indonesia, termasuk produk hybrid seperti Innova Zenix dan Yaris Cross.
Tira menyoroti peningkatan signifikan penjualan kendaraan elektrifikasi di pasar otomotif nasional, dengan sekitar 71 ribu unit terjual. Dari jumlah tersebut, 24% berasal dari BEV dan 76% dari HEV. Penjualan BEV meningkat 65% (year on year), sementara HEV melonjak 426% yoy.
Sementara itu, Analis JP Morgan, Benny Kurniawan, meramalkan bahwa masuknya BYD ke Indonesia berpotensi menggerus pangsa pasar ASII sebesar 8% dalam dua tahun ke depan. Dalam riset terbarunya, Benny mengungkapkan proyeksi penurunan pangsa pasar ASII lebih cepat dari perkiraan sebelumnya, karena pengiriman mobil BYD dijadwalkan dimulai pada 24 Maret 2024.
Contoh kasus di Thailand juga menjadi acuan, di mana BYD berhasil menjual sekitar 30 ribu unit pada tahun 2023, mencapai sekitar 4% dari pangsa pasar Thailand setelah meluncurkan penjualan perdana di sana. Hal ini menunjukkan potensi BYD untuk menjadi pesaing serius di pasar otomotif Indonesia.
Kendati demikian, Astra International tetap optimis dan berkomitmen untuk mendorong penjualan kendaraan yang disukai masyarakat Indonesia, meningkatkan pengalaman pelanggan melalui produk, jaringan omnichannel, dan layanan purna jual yang unggul.
Disclamer : keputusan pembelian / penjualan Saham sepenuhnya ada di tangan investor