BeritaInvestor.id – PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), perusahaan penyedia kain, seragam, dan fashion, berhasil mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 16,7% menjadi Rp 237,4 miliar untuk Semester I-2023. Selain itu, perusahaan juga berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 10,2 miliar, meningkat sebesar 47,5% (YoY) pada paruh pertama tahun 2023. Keberhasilan ini diungkapkan melalui laporan keuangan yang baru dirilis.
Salah satu faktor yang menyumbang pada kenaikan laba bersih adalah momen Idul Fitri yang terjadi pada Kuartal II-2023. Segmen Ritel BELL yang mengusung merek JOBB dan Jack Nicklaus berhasil mencatatkan penjualan sebesar Rp 81,3 miliar, meningkat sebesar 36,8% YoY pada Semester I-2023 atau 39,3% QoQ di Kuartal II-2023.
BELL mampu menjaga Operational Excellence dengan terus meningkatkan efisiensi operasional. Terbukti dari marjin laba kotor BELL pada Semester I-2023 yang mencapai 32,6%, meningkat dari 31,3% pada Semester I-2022. Laba kotor BELL juga tumbuh sebesar 21,8% YoY menjadi Rp 77,4 miliar.
Selain itu, marjin laba operasional juga mengalami peningkatan selama Semester I-2023 menjadi 7,8%, dibandingkan 7,5% yang dicapai pada Semester I-2022. Laba operasional pada Semester I-2023 meningkat 21,1% menjadi Rp 18,5 miliar.
Dalam segi marjin laba bersih, terjadi peningkatan pada Semester I-2023 mencapai 4,3%, naik dari 3,4% pada Semester I-2022.
Karsongno Wongso Djaja, selaku Direktur Utama BELL, menjelaskan melalui siaran pers pada tanggal 3 Agustus 2023, bahwa pendekatan Operational Excellence merupakan kunci keberhasilan perusahaan. BELL dapat memproduksi kain khusus dan memenuhi kriteria pelanggan dengan tetap menghasilkan marjin keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan kain standar. Strategi ini diharapkan akan memberikan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi perusahaan.
Sebagai salah satu produsen tekstil terbesar, BELL mengandalkan mesin tekstil mutakhir untuk meningkatkan efisiensi biaya operasional dan tenaga kerja terlatih yang memberikan nilai tambah pada produk mereka. Tidak hanya fokus pada kinerja bisnis, BELL juga memperhatikan aspek Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG). Perusahaan memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang mengolah kembali 50% limbah air untuk digunakan kembali dalam proses produksi. Atas upaya ini, BELL telah meraih Penghargaan Industri Hijau level 5 dan penghargaan INDI 4.0 dari Kementerian Perindustrian pada tahun 2022.
BELL berencana membuka 14 titik penjualan baru pada tahun 2023 sebagai tindakan respons positif atas peningkatan penjualan pada perayaan Idul Fitri di Kuartal II sebelumnya.
Disclamer : keputusan pembelian /penjualan Saham sepenuhnya ada di tangan investor