BeritaInvestor.id – PT Homeco Victoria Makmur Tbk (LIVE), atau Homeco Living, telah resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 12 Februari 2024 dengan kode saham LIVE. Perseroan yang bergerak di bidang perdagangan perabotan rumah tangga ini menawarkan 808,35 juta saham atau 17,6% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh dengan harga penawaran Rp 148 per lembar.
Potensi Pasar Menjanjikan
Investment Consultant PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk, Reza Priyambada, menilai bahwa potensi penjualan perabotan rumah memiliki pasar yang menjanjikan seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat.
“Penjualan industri rumah tangga bisa dikatakan termasuk sektor yang cukup tinggi demandnya dan banyak terimbas oleh daya beli masyarakat,” kata Reza.
Ia menambahkan, produk rumah tangga merupakan kebutuhan pokok masyarakat, sehingga prospek pertumbuhan pasarnya masih tetap ada.
“Ke depan pertumbuhan terhadap sektor ini masih tetap ada. Apalagi dari perseroan juga meningkatkan kinerjanya, menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak, sehingga diharapkan performance dari perseroan dapat tetap terjaga,” jelasnya.
Harga IPO Wajar, Persaingan Ketat
Reza menilai harga IPO yang ditawarkan Homeco cukup terjangkau bagi investor. Namun, ia mengingatkan bahwa investor juga akan memperhatikan faktor lain seperti jumlah lembar saham yang dilepas, free float, penjamin emisi, dan performa harga saham setelah listing.
Di sisi lain, Homeco harus siap menghadapi persaingan yang ketat di sektor perabotan rumah tangga, seperti Ace Hardware, Depo Bangunan, dan Mitra10.
Rencana Penggunaan Dana IPO
Dana yang diperoleh dari IPO akan digunakan untuk:
- Pelunasan sebagian utang kepada PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai Rp 25 miliar.
- Pengembangan usaha dalam bentuk modal kerja, termasuk untuk:
- Penambahan 15-20 gerai baru di Jakarta.
- Optimalisasi pendanaan.
- Menambah varian menu produksi di setiap outlet.
- Ikut serta dalam promo yang disediakan oleh marketplace.
- Menjaga hubungan baik dengan mitra bisnis.
- Membekali tim dengan chatbot.
Tentang Homeco Living
Homeco Living didirikan pada tahun 2012 dan merupakan pemimpin pasar di Indonesia yang menjual berbagai kategori produk, seperti:
- Perlengkapan dapur
- Peralatan masak
- Tas
- Alat tulis
- Tisu basah
Perseroan juga memiliki entitas anak, PT Trisinar Indopratama (TSI), yang bergerak di bidang industri barang dari plastik untuk pengemasan, mainan anak-anak, dan produk plastik lainnya.
Homeco Living memiliki prospek cerah di tengah pasar perabotan rumah tangga yang terus bertumbuh. Perseroan perlu fokus pada pengembangan usaha dan strategi yang tepat untuk bersaing dengan kompetitornya.
Disclamer : keputusan pembelian / penjualan Saham sepenuhnya ada di tangan investor